Avrilend's Blog

FOR FUN ONLY

Tentang Korea Selatan

pada 9 Desember 2010

KOREA


KOREA SELATAN…..Siapa yang gak tau?negara dengan sebutan negeri ginseng ini, mulai terkenal dibelahan dunia mulai dari perselisihannya dengan sesama Negara yang dulu menjadi satu dengan nama Korea tetapi sekarang menjadi negara Korea Utara. Gara-gara Korea Utara ngembangin NUKLIRNYA….Tapi terlepas dari konflik politik dengan Korut, Korea Selatan sekarang menjadi Negara yang ingin dikunjungi karena beberapa kebudayaannya yang mendunia. Tapi di Indonesia sendiri siapa yang gak tau ma Negara itu coz beberapa serial Drama hamper tiap hari nangkring di beberapa televise swasta di Indonesia sebut aja Princess Hours, Coffee Prince, Sorry…I Love You, Memories of Bali, My Girls, Oh Phil Seung, Stairway To Heaven and yang baru-baru ini heboh di Indonesia Boys Before Flowers, Brilliant Legacy and yang baru aja selesai tayang My Fair Lady yang dibintangi Yoon Eun Hye. Terlepas dari drama koreanya turut juga melambungkan penyanyi-penyanyinya seperti Rain, Seven, BoA dan beberapa boybandnya DBSK, SHINEE, GIRLS GENERATION, WONDER GIRLS, SUPER JUNIOR.



 

gambar Seoul, Korea

Seperti halnya Jepang, kini budaya Korea telah dikenal luas termasuk di Indonesia.

Mulai dari masakan hingga produk hiburan ala Korea seperti musik dan film kini tengah digemari oleh banyak orang. Hal ini semakin menunjukkan bahwa banyak orang di dunia yang telah tersihir untuk terkagum-kagum pada negeri yang dijuluki The Land of The Morning Calm ini.

Persebaran Budaya

Hasil kebudayaan bangsa Korea yang paling akrab dengan kaum muda Indonesia adalah musik dan film. Musik hasil karya musisi populer Korea (terutama Korea Selatan) sering disebut K-Pop. Artis dan grup musik K-Pop terkenal hingga ke negara-negara di sekitarnya seperti Cina dan Jepang. Sementara masyarakat pecinta Korea di Indonesia pun pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama populer seperti Yoon Eun Hye,Lee Min Ho,Kim Bum, Se7en, Shinhwa, Boa, Rain, Jang Na Ra, dan Super Junior,DBSK,Shinee.

Film dan drama televisi Korea juga tak mau kalah dengan musiknya. Film dan drama televisi Korea berhasil memikat banyak penggemar di Indonesia. Sejumlah drama televisi populer Korea diputar di stasiun televisi swasta, seperti Jewel in The Palace, Full House, Winter Sonata, Coffee Prince, Princess Hours, Boys Before Flowers dan Brilliant Legacy yang akhir-akhir ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar drama Korea.

KEBIASAAN ORANG KOREA

Gak tau ya..akhir2 ini lagi pingin browsing2 negara korea gara2 liat berita kalo korut pingin perang ma saudaranya sendiri KORSEL. Jadi gini deh artikel yang didapat…

Mereka itu kalo lagi kesakitan atau kesemutan seneng banget jilat jari terus disentuhin ke hidung

Kebiasaan gendong orang mabuk ( habis disana ga ada bajaj sih.. jadi ya di gendong, naik taxi kan mahal.. banyakan sih mereka naik bus, tapi bus kan ga berhenti pas di depan rumah.. ya harus jalan, jadi orang mbknya di gendong.. kalo cari taxi juga kan ga bisa nyetop sembarangan kayak di Indonesia begini…)

Kebiasaan makan mi langsung dari panci (ke praktisan.. kebanyakan panci yang dipake adalah panci kuningan, which is lebih mudah dingin.. btw, mi korea itu enak banget loh.. lagian byar gax nyuci pirik 2X, panci + piringnya…dan katanya sih kalo makan lansung bersama dari panci akan terasa kekeluargaanya (apa coba)

Kebiasaan makan mi bunyi “slurps” (inilah membuat ako kadang2 sebel nonton film korea adalah ketika adegan makan..ampon dah..membuat lapar mulu..liat mereka makan dengan napsunya..aduh engga nahan deh )

Kebiasaan punya meja panjang ( kayaknya mereka itu respek banget sama pemandangan malam, seringkan ada adegan tiduran malam2 di musim panas dimeja itu sambil lihat bintang.. owww so sweetzz ( jadi pengen punya meja gituan dech )

Kebiasaan ngomong aigo ( mirip dengan orang chinese kalo ngomong aiyo atau aiya… mirip kita ngomong dengan akhiran “deh, kan, sih”

kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas (katanya sih telinga itu merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya..)

Kebiasaan mukul kepala (mukul kepala adalah hal yang lumrah di korea..denger2 sih kalo ortu disana dengen gebuk kepala anaknya biar pinter..apa coba adanya juga anaknya stress digituin..)

Kebiasaan sopan sama pembeli or pelanggan ( ako paling suka kebiasaan ini, jarang ada di Indonesia, hanya dengan beli es krim Korea seharga 10 ribu, dia bilang hati2 dijalan.. baik sekali ya… coba semua pedagang seperti itu)

Orang2 korea kalau makan pasti penuh banget dimulutnya ampe kesedek liatnya apalagi kalo mereka sambil ngomong pasti tuh mulut sampe monyong2..haha..yang lbh parah lagi kalo sambil marah..tuh makanan semua muncrat2 kasian banget orang yang di marahin..)

Kebiasaan gosok gigi (ako masukin ini sebagin kebiasaan mereka..karna dalam setiap film ato drama selalu ada adegan gosok gig..yah yg sambil ngomong ,nyanyi apalah segala macam..)

Kebiasaan kalo lagi kesal ngomongnya ditekankan pada satu kata, kesannya seperti orang pengen meludah.. mungkin karena kesal banget jadi pengen ngeludah ya…(ako pernah iseng nyobain kyk gini yg hasilnya ako kesedek sampe batuk2)

Kuat banget makan dan mabuk (tidak usah diragukan)

Kalau matiin HP batrenya langsung dicopot (denger2 HP disana engga ada tombol REJECT jadi cara tercepat adalah dengan mencopot batre)

Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib (mungkin karna pemandangan disana enak kali ya)

Jarang mandi kalo lagi musim dingin (not sure about this..tp bisa aja secara korea kalo musim dingin..dingin banget boo)

Suka banget mecahin telor pake kepala (kagak jelas maksudnya apa tp yg pasti patut untuk dicoba)

Suka makan BAWANG PUTIH (dipercaya dapat menetralkan darah..biar engga darah tinggi gitu)

Kebiasaan makan yang panas2 (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur)

Kebanyakan co korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya (?) daripada ce nya..(beda banget sama di indonesia)

Sumpit harus stanless steel gag boleh yang lain (ada sejarahnya mengpa mereka hanya mau menggunakan sumpit yang seperti itu.

eeeehm KAlo kebiasaan buruknya kayak gini deh

Kebiasaan Buruk Orang Korea

Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya.. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan.( karena ako bukan peminum, jdi menurutku Itu hal yang buruk … Bila kita menghadapinya, sebaiknya kita menerima dulu minuman tersebut baru kemudian diletakkan lagi dan kemudian minta minuman ringan lainnya ( itu sekedar tips saja.. hehehehe )

Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yg menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa

Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi

Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk / menjauhkan dari rezeki …

Korea Selatan menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun (kadang belum tau salahnya apa jg sudah main bentak dulu, ini yg bikin kesel sama orang korea) Selesai marah atau dimarahi, tapi orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.

Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat Untuk menghilangkan stress dan penat …

Budaya Operasi plastik yang dilakukan oleh orang2 dikorea… Di korea 75% Warganya telah melakukan operasi plastic ( Padahal menurutku, tampang2 mereka sudah oke2 kok ditambah lagi warna kulitnya bagus)

Warga Korea selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di Dunia Whatt the?? 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang demen BUNDIR (Bunuh Diri) karena kehidupan korea yang keras…

 

Cre:

http://noviwidi.blog.uns.ac.id/

 


 

About these ads

2 responses to “Tentang Korea Selatan

  1. shella julia rani mengatakan:

    ooohh begitu rupanya …!!!
    anyonghaseyo …

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: