Avrilend's Blog

FOR FUN ONLY

Warga Korsel ,seruhkan Balas Dendam

pada 24 November 2010

 


http://www.xinhuanet.com

 

Satu kelompok yang mencakup sekitar 40 pemrotes, yang beraksi di dekat Kedutaan Besar AS, juga mendesak China bergabung dengan negara-negara besar lain dan mengutuk sekutunya, Korea Utara, atas serangan Selasa itu.

 

“China harus berhenti melindungi Korea Utara dan bergabung dengan masyarakat internasional,” kata Park Chan-Sung, pemimpin kelompok itu.

“Pemerintah kita (Seoul) harus melakukan pembalasan keras terhadap Korea Utara karena memprovokasi kita,” tambahnya.

Pemrotes mengibarkan spanduk-spanduk yang bertuliskan “Balas provokasi Korea Utara” dan “Pembalasan bagi pulau Yeonpyeong”.

 

Mereka membawa gambar pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il dan putranya yang diperkirakan akan menggantikannya, serta mencoretinya dengan tinta hitam.

Pemrotes dan polisi bentrok ketika Park membakar tiga bendera Korea Utara. “Mengapa anda menghentikan kami? Ini bendera musuh kita yang kami bakar!” teriak salah seorang pemrotes.

Di luar kementerian pertahanan, sekitar 110 pemrotes berunjuk rasa, dengan meneriakkan “Pembalasan!” Mereka juga membakar bendera-bendera Korea Utara dan foto Kim serta putranya, Jong-Un.

 

Serangan artileri Korea Utara menewaskan empat orang di pulau itu, melukai 15 marinir serta tiga warga sipil, dan menghancurkan 19 rumah.

Meski negara-negara besar dunia mengecam Pyongyang atas insiden mematikan itu, Beijing lagi-lagi bungkam, seperti juga ketika Korea Utara disalahkan atas penenggelaman sebuah kapal perang Korea Selatan pada Maret.

 

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat tajam sejak Korea Selatan dan AS menuduh Korea Utara mentorpedo kapal perang Seoul itu, yang menewaskan 46 orang.

Korea Utara membantah terlibat dalam tenggelamnya kapal itu dan mengancam melakukan pembalasan atas apa yang disebutnya latihan perang provokatif Korea Selatan yang dilakukan sebagai tanggapan atas insiden kapal tersebut.

 

Latihan itu, yang melibatkan 4.500 prajurit, 29 kapal dan 50 jet tempur, merupakan salah satu dari serangkaian latihan terencana dalam beberapa bulan ini, beberapa diantaranya dilakukan dengan AS, sekutu Seoul, dalam unjuk kekuatan terhadap Korea Utara.

Kapal perang Korea Selatan Cheonan tenggelam pada 26 Maret di dekat perbatasan Laut Kuning yang disengketakan dengan wilayah utara pada dalam kondisi misterius setelah ledakan yang dilaporkan.

 

Cre;

kompas.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: