Avrilend's Blog

FOR FUN ONLY

[Film] Daftar Film Horor Korsel

pada 1 Maret 2011

Paradise Villa

 


Paradise Villa (Korean) 2001

AKA:
Year: 2001
Directed: Chong-won Park
Genre: Comedy, horror
Runtime: 90 minutes
Country: South Korea
Language: Korean
Subtitles: English hardsubbed
Cast: Cho Han Joon, Ha You Mee, Lee Jin-woo
IMDB: Paradise Villa

Sinopsis / Plot

Cerita dibuka dengan seorang pemuda bermain game internet. Tiba-tiba wajahnya menjadi gelap dan menekan tombol dengan gugup. Wajahnya perubahan putus asa karena ia membaca pesan dari pengguna lain. “Mr ? 20-tahun, apakah Anda memiliki semua item “Jawabannya adalah:” Aku butuh satu lagi “Kami selanjutnya masuk ke kehidupan warga surga Villa agar sebuah misteri terungkap.

Cerita: Seorang anak laki-laki remaja yang terlalu terobsesi dengan permainan role-playing online mendapatkan account-nya dihacked. Ketika dia akhirnya dapat terhubung ke game lagi, karakter yang ia gunakan telah menghabiskan begitu banyak waktu hingga naik level dan mencari barang-barang langka untuk mengikuti game itu. Dia kemudian memutuskan untuk memperbaiki hal ini dengan mencari pemain lain dan mencuri persediaan dan senjata. Pemain lainnya bernama Viagra ternyata tinggal di sebuah bangunan yang disebut surga Villa. Orang-orang yang tinggal di gedung khusus semua tampaknya memiliki masalah mereka sendiri.

 

DESERTED HOUSE


DESERTED HOUSE
Judul Asli : Pye Ga
Kategori : Horor
Sutradara : Lee Cheol Ha
Rilis : 19 agustus 2010
Negara : Korea Selatan
Pemain :
~ Sin Kyeong Seon
~ Jeon In Geol
~ Yoon E Na~ Lee Hwa Jung
~ Hyeon Tae Ho
~ Shin So Yul

Sinopsis : Film ini berkisah seputar rumah kosong di wilayah tahun berlalu Provinsi Gyeonggi. Empat puluh dua tahun yang lalu, enam orang hilang dan delapan orang meninggal secara “mendadak” serta sebelas kasus pembunuhan muncul di rumah tersebut. Kini rumah itu terlarang untuk dimasuki semua orang. Namun 3 anggota klub eksplorasi rumah kosong beserta 3 staf perusahaan televisi masuk ke rumah kosong tersebut. Mereka semua menghilang tanpa jejak. Hanya sebuah Video yang tertinggal….

The Evil Twin

 


The Evil Twin

Judul : Evil Twin
Pemain : Park Sin Hye, Jae Hee, Yang Geum Seok
Sutradara : Kim Ji Hwan
Genre : Horor
Durasi : 95 menit

Dikisahkan pada masa kerajaan Dinasti Chosun, di sebuah desa yang selalu diselimuti kabut bernama Seo rae, tinggallah sebuah keluarga yang memiliki putri kembar bernama So Yeon dan Hyo Jin.

Suatu hari saat mereka dikejar oleh sekelompok anak, keduanya tercebur ke sebuah danau. Ibu mereka (Yang Geum Seok) dan kekasih Hyo Jin, Hyun Sik (Jae Hee) berusaha menolong keduanya. Namun sayangnya hanya So Yeon yang berhasil diselamatkan. Tapi walaupun berhasil diselamatkan, So Yeon mengalami masa koma selama lebih dari 10 tahun.

Suatu hari di desa Seo rae terjadi pembunuhan misterius yang menimpa Choi, salah seorang teman lama So Yeon dan Hyo Jin. Bersamaan dengan peristiwa pembunuhan itu, So Yeon bangun dari komanya tanpa dapat mengingat masa lalunya.

Setelah bangkit dari masa komanya, So Yeon mengalami krisis identitas diri. Yang sering membuat ibu So Yeon dan Hyun Sik- kekasih Hyo Jin yang kemudian menjadi kekasih So Yeon- khawatir adalah sifat dan tingkah laku So Yeon yang kadang terlihat seperti mendiang saudari kembarnya Hyo Jin.

Seiring dengan kembalinya So Yeon ke kehidupan dunia, telah terjadi tragedi pembunuhan yang ganjil yang menimpa beberapa teman lama So Yeon dan Hyo Jin. Masyarakat menuduh So Yeon-lah sebagai penyebab dari semua tragedi pembunuhan.

So Yeon seperti dihantui oleh masa lalunya. Hyo Jin sering menampakkan dirinya dalam perwujudan gadis berambut panjang dan berbaju putih. Ia berusaha menguasai So Yeon, bahkan ia marah pada So Yeon saat tahu kekasihnya Hyun Sik, kini telah menjadi kekasih So Yeon.

Evil Twin adalah film pertama dari sutradara Kim Ji Hwan. Meski telah banyak genre film horror yang beredar, Evil Twin mencoba untuk tampil beda dengan mengambil setting pada masa kerajaan, sesuatu yang jarang diangkat ke layar lebar. Dari pengalamannya menonton ratusan film horror, Sutradara Kim sepertinya tahu apa yang diinginkan oleh para penonton film genre ini. hasilnya, film ini mampu memancing emosi dan rasa takut penonton dengan adegan-adegan yang tak terduga. Penonton pun dibuat penasaran dan terus menduga akhir dari cerita film ini.

Akting dari artis cantik Park Sin Hye yang berperan ganda sebagai So Yeon dan Hyo Jin patut diacungi jempol. Ia bisa berakting sebagai So Yeon yang manis dan lembut kemudian berubah menjadi kasar dan dingin dalam karakter Hyo Jin.

Evil Twin merupakan awal dari kebangkitan kembali film horror bergenre klasik di Korea. Sebelumnya genre horror dengan latar belakang masa kerajaan ini pernah berjaya saat booming film di Korea pada tahun 1960-an yang kemudian menghilang pada tahun 1980-an. Dan saat film horror kembali muncul di dunia perfilman Korea, horror genre modernlah yang lebih mendominasi.

Berbeda dengan film horror Jepang atau Amerika dimana setan dan roh jahat merupakan sumber dari kejahatan dan harus dibasmi, Evil Twin lebih merupakan rekonsiliasi antara mahluk yang hidup – So Yeon- dengan yang telah mati – Hyo Jin

Yang Hikikomori


The Loner

Hikikomori atau The Loner adalah film horor korea yang menceritakan tentang Su-na seorang gadis remaja yang ceria dan menyenangkan, yang memiliki teman dekat Ha Jung, yang merupakan korban penindasan teman sekelasnya. Tak tahan dilecehkan, Ha Jung lalu berubah menjadi hikikomori dan bunuh diri.

Su-na lalu terpukul dan menjadi galau, karena ditinggalkan Ha Jung. Di tengah kegalauannya, dia menyadari ada rahasia menyedihkan dan menyakitkan dari masalalu keluarganya. Su-na lalu mulai menunjukkan tanda tanda hikikomori. Su-na bertingkah seolah ada orang lain dikamarnya, dan tak pernah membuka pintu kamarnya lagi.

Hikikomori sendiri adalah istilah jepang yang berarti “menarik diri”, dan mulai menarik perhatian media sejak tahun 1999-2000an karena cukup fenomenal. Diduga ada sekitar 2 juta remaja (karena menyerang pada usia 13-20an) jepang yang mengalami “penyakit” ini. Sindrom yang paling jelas dari hikikomori adalah tidak pernah keluar kamar (atau rumah). Bahkan tercatat ada orang yang tidak mau keluar dari kamarnya (kecuali buang air kali ya?) selama 10 tahun.

80% pelaku hikikomori adalah pria dan fenomena ini sering dijumpai di negara maju, namun hanya di Jepang hikikomori dianggap fenomena sosial dan banyak dibicarakan di TV (sedang di negara lain, hikikomori dianggap sindrom PDD dan autisme dan dianggap sebagai penyakit psikologi, cmiiw)

Kebanyakan publik di media menyalahkan faktor keluarga hilangnya figur ayah (karena kerja berlebihan sampai malam), ibu yang terlalu memanjakan anak (mungkin karena jumlah anak yang sedikit), tekanan akademik di sekolah, pelecehan di sekolah (school bullying), dan video game di Jepang yang luar biasa menggoda.

Tekanan di sekolah sedikit banyak berperan pada hikikomori. Kebanyakan mereka dilecehkan karena terlalu gemuk, kurus, tinggi atau melebihi kemampuan dari yang lainnya dalam hal apapun. Ada seorang hikikomori dengan kemampuan lebih dari biasanya dalam basket dan mengalami pelecehan – dimana tidak mendapatkan kesempatan waktu main normal di tim sekolahnya. Seperti pepatah jepang, paku yang menonjol akan dipalu untuk menjadi seragam.

Di jepang, keseragaman penampilan dan respek (postur tubuh atau muka) itu penting, maka mereka yang melarikan diri dari kompetisi melakukan hikikomori.

Semakin tua seseorang hikikomori, semakin kecil kemungkinan dia bisa berkompeten di dunia luarnya. Bila setahun lebih hikikomori, ada kemungkinan dia tidak bisa kembali normal lagi untuk bekerja atau membangun relasi sosial dalam waktu lama, menikah misalnya.

Bagaimana dengan indonesia? Jangan salah, di Indonesia mulai banyak orang menarik diri dari lingkup sosialnya karena tren internet social media, ketimbang bercakap cakap langsung, lebih menyenangkan chatting via messenger dan twittering.

Beberapa kisah nyata hikikomori dapat dibaca di BBC, dan NY Times.

Lalu bagaimana dengan film diatas? Hmm.. Saya sangat jarang menemukan adanya horor korea yang menakutkan. Begitu juga pada hikikomori, ketimbang takut, kok ya saya malah sedih karena film ini lebih banyak drama nya ketimbang horornya. Satu hal yang menyebalkan dari film ini adalah endingnya yang muter muter dan anti klimaks yang justru membosankan. Tapi yang menyenangkan, ending nya cukup tak terduga walaupun tidak masuk akal, dan sinematografi film ini cukum modern dan gak bikin sakit mata, walaupun “penampakan” yang ditampilkan cukup standar ala film horor asia lainnya.

 

P.s . kalau berani silahkan cari DVdnya yahhhhhhhhhh

Cre:

http://kbpkoreafamily.blogspot.com


3 responses to “[Film] Daftar Film Horor Korsel

  1. zulkarnain mengatakan:

    bang.. qku mau ikut casting main film dunk..
    isnya allah aku berbakat di bidang itu.. karna qku ingn menjadi artis..
    insya allah ngeliat qku ngak kecewa..

  2. monika jenniefer mengatakan:

    Biasa aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: