Avrilend's Blog

FOR FUN ONLY

[Fakta] Yang Unik Di Korea Part II

pada 17 April 2011

Pulau Cantik Nami Island
Di hari pertama kunjungan saya ke Korea, saya mengunjungi sebuah pulau cantik bernama Nami Island. Sebuah pulau indah tempat setting film Winter Sonata yang dulu pernah populer di tahun 2002. Yaitu sebuah film drama percintaan Korea yang dibintangi oleh aktor ganteng dan aktris cantik Korea seperti Bae Yong Jun, Choi Ji Woo, Park Yong Ha dan Park Sol Mi.

Anda sudah pernah nonton film drama itu? Jika belum pernah nonton Winter Sonata, Anda bisa melihat soundtrack filmnya di bawah ini. Dalam video klip lagu soundtrack filmnya ini, salah satunya mengambil setting lokasi di pulau Nami Island.

Di pulau Nami Island saya sempat berfoto-foto. Hanya sayang, karena saya kesana Korea lagi awal musim semi sehingga tak seindah seperti saat shouting film Winter Sonata tersebut yang diambil pas musim winter (dingin) sehingga banyak bertaburan salju.


Tapi saya tidak bisa bayangin kalau pas musim dingin ada disana, berapa suhunya. Mungkin bisa minus derajat Celcius. Karena waktu kemarin saya kesana saja suhunya masih lumayan dingin untuk ukuran saya, orang yang hidup di daerah tropis. Yaitu suhunya kemarin mencapai -1 0C saat di malam dan pagi hari dan 5 0C saat siang hari.

Pengalaman naik cable car
Masih di hari pertama, setelah dari Nami Island perjalanan lanjut ke Sorak National Park untuk naik cable cars dan melihat Kuil Shinheungsa dan The Great Bonze Statue. Ketiga obyek wisata ini berada di satu lokasi. Dan inilah kali pertama saya bisa melihat gunung bersalju dan saya bisa melintas di atasnya menggunakan cable car. Indah sekali pemandangannya dilihat dari cable car. Gunungnya berselimut salju keputihan terlihat sangat indah saat saya lihat amat dekat dari atas cable car.

Habis naik cable car saya kemudian melihat Kuil Shinheungsa dan The Great Bonze Statue yang ada di kaki gunung tersebut.

Pengalaman tak terlupakan naik kereta cepat KTX
Pada hari ke-4 setelah sebelumnya di hari ke-2 dan ke-3 study banding ke beberapa mal di kota Daegu dan Busan akhirnya tiba waktunya untuk balik lagi menuju kota Seoul. Dan perjalanan dari kota Busan menuju kota Seoul yang berjarak sekitar 300-an KM saya naik kereta cepat KTX (Korea Train eXpress) yang punya kecepatan maksimal sampai 350 KM/jam. Namun prakteknya karena alasan keamanan KTX dibatasi kecepatannya maksimal hanya 300 KM/jam.

Anda bisa bayangkan, seumur-umur saya belum pernah merasakan naik kendaraan darat melaju dengan kecepatan secepat itu. Saya tak merasa kalau sedang melaju di darat, tapi serasa naik pesawat saja. Bayangkan, kota Busan ke Seoul itu jaraknya sekitar 300-an KM bisa ditempuh dalam waktu 2 jam lebih. Ini sungguh luar biasa!
Berbeda dengan naik kereta eksekutif di sini, naik kereta KTX hampir tak merasakan ada guncangan (jeglek-jeglek) seperti kalau kita naik kereta di Indonesia. Rasanya rel seperti rata sekali dan nyaris seperti tak menjejak rel saja roda keretanya karena saking mulus dan cepat jalannya.

Sedikit cerita tentang kereta cepat KTX. KTX memang belum sebagai kereta tercepat di dunia. Masih ada dua lagi kereta tercepat lainnya di dunia ini. Yaitu Shinkansen-nya Jepang dan TGV-nya Perancis. Nah, kereta KTX sendiri sebenarnya secara teknologi mengadopsi teknologinya TGV-nya Perancis. Awal-awal pembuatannya pada tahun 1992 sempat dibuat disana (Perancis) meskipun akhirnya bisa dibuat dan diproduksi di negara Korea sendiri.

Itulah kisah seputar perjalanan saya kemarin ke negara Korea. Mudah-mudahan membaca kisah saya ini Anda yang belum pernah ke Korea ada sedikit gambaran. Dan siapa tahu mudah-mudahan suatu saat Anda bisa berkunjung juga ke Korea dan yang terpenting gratis seperti saya. Semoga.😀

 

 

 

 

Cre: http://www.diptara.com/2011/04/fakta-fakta-unik-tentang-negara-korea-2.html


 


One response to “[Fakta] Yang Unik Di Korea Part II

  1. fhafa cihuy mengatakan:

    aammiiiiieeeennnn🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: