Avrilend's Blog

FOR FUN ONLY

[News] Gedung Taman Lingkungan Hidup di Korea

pada 3 Juni 2011

Jika Amerika berencana ingin membangun gedung pertanian tertinggi di dunia untuk menghindari sempitnya lahan dan taman, maka Korea pun tak mau kalah. Saat ini Korea tengah berencana membangun sebuah hutan plustaman kota indoor alias di dalam gedung. Gedung taman lingkungan hidup yang dilengkapi teknologi terbaru ini dirancang oleh kelompok arsitek Unsangdong yang berbasis di Seoul – Korea Selatan.

Seperti halnya yang diulas di artikel teknologi, bangunan yang berisi hutan sekaligus taman di tengah kota ini juga ditenagai oleh sinar matahari sehingga tidak membutuhkan energi listrik dari luar. Selain terdiri dari tumbuhan, pada bagian atapnya juga terdapat banyak sel surya untuk menampung energi sinar matahari. Taman kota sekaligus Hutan buatan ini merupakan wujud perkembangan teknologi terbaru untuk kepentingan lingkungan hidup. Gedung ini dinamai Culture Forest.

Gedung ini berbentuk kotak, di mana pada bagian-bagian tertentunya berlubang dan berisi aneka tumbuhan layaknya hutan tropis. Selain itu, Culture Forest nantinya juga berfungsi sebagai taman kota, di mana warga Seoul dapat duduk-duduk dan menikmati pemandangan interior gedung yang super teduh. Ketersediaan gedung ini dengan area bermain anak-anak makin meningkatkan fungsinya sebagai taman rekreasi keluarga.

Bukan hanya itu, di dalam gedung ini juga akan terdapat ruang serba guna yang berbentuk geometris untuk meningkatkan akustik ruangannya. Ruang serba guna ini dapat berfungsi sebagai tempat konser musik hingga gedung pernikahan. Ketersediaan teknologi pendidikan yang berupa perpustakaan juga akan disediakan untuk mensuplai warga dengan bacaan-bacaan tentang fenomena alam terbaru. Semua program dan fasilitas tersebut diarahkan kepada kesadaran masyarakat akan teknologi ramah lingkungan.

.

sumber

 

http://inhabitat.com/2010/10/19/urban-forest-cultural-center-unveiled-for-korea/ ; taman lingkungan hidup

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: